Mengenali Kulit Sensitif Dan Cara Menanganinya Dengan Tepat

Apakah kulit Anda mengalami tiga atau lebih reaksi langka setelah produk perawatan kulit atau gatal untuk produk wangi? Jika benar, Anda mungkin memiliki kulit sensitif. Untuk mengetahui cara mengatasinya, kita perlu terlebih dahulu mengetahui penyebab kulit. Hal sensitif tidak akan terjadi untuk mencegah iritasi kulit.


Kulit sensitif adalah kondisi kulit yang bereaksi berlebihan terhadap faktor lingkungan. Reaksi kulit berlebihan sering dialami saat memakai kosmetik, sabun, shampo atau lotion tabir surya. Kondisi kulit sensitif bisa memburuk saat terkena udara kering dan dingin. Gejala iritasi tidak selalu terdeteksi, tapi gatal, menyengat, sensasi kulit yang parah biasanya selalu hadir. Apa bedanya alergi terhadap kulit sensitif?

Banyak orang berpikir kulit sensitif, tapi mungkin salah memilih produk menggunakan bahan yang tidak sesuai untuk jenis kulit. Di sisi lain, reaksi alergi terjadi saat sistem kekebalan tubuh diaktifkan dalam perang melawan benda asing yang dianggap menyerbu tubuh. Akibatnya, kulit akan ditampilkan.Dilepaskan

Saya merasa gatal dan nyerigerak mengombakSecara khusus, alergi merespons penggunaan produk (krim perawatan wajah, rambut, cat kuku) atau bahan lain yang berhubungan langsung dengan kulit.Dalam kondisi kulit sensitif, masalahnya bukan tentang zat atau produk tertentu, tapi seberapa sering mereka digunakan. Misalnya, pengaruh penggunaan produk yang biasanya mengandung zat asam. Ini bisa bekerja dengan baik setelah konsumsi serum vitamin C 10%, namun kulit bisa teriritasi saat serum menjadi 20%. Anda tidak sepenuhnya alergi terhadap bahan-bahan ini, tapi sangat mengganggu. Formula yang berbeda, mungkin dampaknya akan berhasil.

Apa yang membuat kulit Anda sensitif?
Setiap orang memiliki faktor respons kulit sensitif yang berbeda, yang dapat disebabkan oleh paparan kontaminasi dan perubahan suhu. Orang lain dapat dipicu oleh kebiasaan makan yang menghasilkan penurunan berat badan yang cepat dan / atau efek pengobatan tertentu. Pada dasarnya kondisi ini dapat melemahkan daya tahan lapisan terluar kulit. Akibatnya, kulit meradang, terasa panas dan mengelupas. Karena itu, sebaiknya hindari suhu ekstrim dan mengupas seminggu sekali. Selain itu, pemilik kulit sensitif disarankan untuk memilih produk kulit tanpa wangi dengan bahan pengawet minimal, tanpa menggunakan bahan aktif kuat seperti retinoid atau asam glikolat.Penyebab lain untuk sensitivitas kulit adalah dengan sering mengubah produk dan perawatan kulit yang sering berubah. Banyak produk perawatan kulit tersedia dan mendorong pengguna untuk bertukar produk berulang kali untuk menciptakan perubahan yang lebih baik. Namun, penggantian produk secara konstan dan pengelupasan kulit mati yang berlebihan dengan bahan aktif dapat merusak pertahanan kulit daripada membangun perlindungan kulit.

Dapatkah saya menangani kulit sensitif?
Kulit sensitif rentan terhadap pembengkakan. Hal ini diperlukan untuk mengolahnya dengan benar dan tepat. Peradangan kronis menyebabkan penurunan kolagen dan efek penuaan lebih cepat.
Untuk menangani kulit sensitif, Anda bisa melakukan beberapa langkah:
Silahkan pilih produk khusus untuk kulit sensitif. Ingatlah bahwa semakin besar jumlah zat kimia yang terkandung dalam produk, semakin tinggi kemungkinan reaksi kulit. Umumnya produk perawatan kulit organik mengandung sedikit bahan kimia, namun kandungan ekstrak tumbuhan tetap bisa menyebabkan alergi pada kulit.
Jika ada ruam, kenakan pakaian yang tertutup (jika ada di badan) atau topi (jika ada di wajah) untuk menghindari ruam dan hindari ruam. Ruam atau kulit apapun rentan terhadap infeksi, misalnya, staf atau MRSA berbahaya dan terkena dampak serius. Karena itu, bila dicurigai adanya infeksi, segera tanyakan kepada dokter untuk perawatan antibiotik yang diperlukan.

Secara umum, bukan ide bagus untuk menggunakan krim obat seperti kortison atau lidokain sebelum minum obat. Krim yang mengandung bahan kimia dapat memperburuk ruam.Dengan mengonsumsi asam lemak omega-3 seperti minyak biji rami dan minyak ikan, maka akan memperkuat perlindungan kulit.Tolong jangan terlalu membebani kulit anda. Luangkan beberapa hari tanpa make up di wajah Anda.Kulit sensitif bisa berubah dengan cepat dari gangguan ringan hingga kronis. Jika Anda mengalami iritasi yang parah, konsultasikan dengan dokter Anda segera.

Komentar

Postingan Populer